BAHAYA EARPHONE BAGI KESEHATAN TELINGA


  Bahaya Earphone Bagi Kesehatan Telinga




Hello, guysss..., kali ini aku bakalan bahas tentang bahaya earphone bagi kesehatan telinga dan juga pengalamanku. 

Disini siapa, sih yang ga suka pake earphone? Aku yakin semua orang pasti sering bangetkan pake earphone entah buat dengerin lagu, belajar, nonton film, dll. Apalagi di saat seperti ini, ketika semua orang pada kuliah online, kerja dari rumah, dan semuanya dilakukan secara online earphone sangat berarti banget buat menjaga konsentrasi. 

Tapi, tetep ingat kalau earphone itu punya dampak buruk buat kesehatan telinga. Jadi, ketika kita pakai earphone kita juga tetep harus kasih kesempatan telinga kita buat bernafas. Jangan sampai hal ini bakal keulang sama kalian.

Jadi, ceritanya, aku sering pakai earphone sejak SMP boleh dibilang aku tergantung banget sama earphone. Kalau ga pakai earphone pas ngerjain tugas kerasa kayak ada yang kurang dan seolah-olah jadi ga konsentrasi.

Sebenernya, aku ngerasa telingaku agak sedikit aneh ketika kelas tiga SMA. Waktu itu, aku mulai sering salah denger dan telingaku jadi sering gatel. Kejadian ini terus berlanjut ketika liburan semester kemarin, aku ngerasain gatal yang luar biasa di bagian dalam telinga. 

Akhirnya, aku mutusin buat periksa di dokter THT dan aku kaget banget ketika dokter itu bilang kalau salah satu gendang telingaku mengerut seperti gendang telinga orang lansia. Ternyata, penyebabnya adalah penggunaan earphone yang berlebihan dan juga pola makan aku yang ga sehat.  

Dan untuk ngembaliin gendang telingaku biar jadi normal lagi, aku harus jaga pola makan dan aku ga boleh pake earphone lagi.  Waktu itu, aku sempet sedih banget karena aku bener-bener ga fokus kalau ga pake earphone dan itu udah terpola sejak dulu.

Sejak saat itu, aku mulai ngurangin pake earphone (sesekali masih pake tapi ga sering). Untungnya, waktu itu telinga aku udah membaik. Ternyata ga cuman sampe disitu, guyss. 

Sekitar bulan mei, teingaku jadi tambah parah, ga cuman gatal, tapi juga jadi bau dan aku ngerasa telingaku kayak kemasukkan air tapi sebenernya enggak. Akhirnya aku balik lagi ke dokter THT. Kalian bisa liat kondisi gendang telingaku di foto ini.



 
Perbandingan telinga kanan dan kiri yang sungguh berbeda

Kalian bisa liat, telingaku yang di gambar pertama parah banget. Sampai dokternya itu bilang kalau mandi jangan kena air biar ga makin parah. Waktu itu aku sempat dikasih obat tetes telinga dan kalau selama satu minggu gatalnya masih tetep muncul, aku disuruh cek up.
Jadi selama seminggu, obatnya ini dipake sehari tiga kali dan harus ditetesin ditelinga yang gatal sebanyak 4 tetes. Jujur, aku pake obatnya ini ga enak banget karena tekstur obatnya ini kayak baby oil dan susah banget nyerapnya. Jadi pas aku pake obatnya ini harus dalam kondisi tidur kalau engga obatnya yang udah ditetesin itu bakalan tumpah. Untungnya, setelah pakai obat ini telingaku berangsur-angsur membaik dan aku udah ga ngerasaiin gatal lagi. Akhirnya, aku sekarang udah ga pernah lagi pake earphone dan aku trauma kalau itu bakal keulang lagi.

Kejadian ini adalah pengalaman yang sangat berharga dan tentunya bakal jadi pengingat buat aku dan buat kalian suapaya lebih berhati-hati ketika pake earphone. Pesanku, kita boleh pake earphone asal jangan terlalu lama dan jangan pake earphone pas kalian tidur. 
Mungkin ada beberapa orang yang baru bisa tidur kalau dengerin lagu pake earphone. Kebiasaan ini harus ditinggalin karena bisa ngerusak kesehatan telinga. Kalian juga harus ingat, telinga itu aset yang kita pakai sampai meninggal. Jangan sampai saat ini kita rusak.










Komentar

Postingan Populer